Gudangnya Informasi Kesehatan dan Kecantikan

Friday 22 January 2016

4 Alat Memasak Yang Ternyata Sangat Berbahaya

Tips Sehat Cantik - Makanan sehat merupakan salah satu faktor apabila kita ingin hidup sehat. Pemilihan bahan makanan, cara mengolah serta tahu apa saja yang dikandung oleh makanan itu menjadi faktor utama dalam pemilihan makanan sehat. Tapi tahukah anda bukan hanya itu saja yang dapat mempengaruhi makanan sehat ? ternyata ada satu faktor lagi yaitu alat untuk memasak. Banyak yang tidak tahu bahwa ada beberapa alat masak yang berbahaya bagi makanan yang kita konsumsi dan bisa membuat dampak penyakit yang berbahaya tanpa kita ketahui. Berikut adalah empat alat masak yang berbahaya bagi kesehatan.


1. Wajan anti lengket
Siapa yang tidak tahu dengan alat masak yang satu ini. Jelas dari namanya bahwa fungsi anti lengket ini sangat membantu para ibu rumah tangga dalam hal memasak. Karena dengan memakai wajan anti lengket, maka tidak ada lagi penampakkan makanan yang tidak menggugah selera dan pekerjaan untuk membersihkan wajan yang merepotkan. Tetapi tahukah anda bahwa lapisan anti lengket yang ada pada wajan itu terbuat dari zat yang dikenal sebagai asam perfluorooctanoic. Saat panci dipanaskan zat asam berbahaya ini akan masuk ke dalam makanan dan lalu nantinya masuk ke dalam tubuh. Dan lebih bahayanya lagi dampak dari penumpukan asam ini akan menyebabkan tumor.

2. Tembaga
Banyak alat dapur atau alat yang digunakan untuk memasak yang terbuat dari tembaga. Mungkin sebagian dari kita menganggap tembaga adalah bahan yang tidak berbahaya untuk alat memasak. Namun ternyata apabila alat memasak yang terbuat dari tembaga ini saat dipanaskan maka akan menghasilkan banyak racun yang membahayakan tubuh.

3. Aluminium
Alat memasak dari alumunium di rumah kita adalah alat yang paling mudah dijumpai. Namun ternyata dampak memasak dalam waktu lama menggunakan bahan aluminium sangatlah berbahaya dan patut dihindari. Sebab zat kimia dalam aluminium yang luruh dan masuk ke tubuh mampu menimbulkan risiko tinggi penyakit Alzheimer.

4. Wadah plastik
Wadah plastik banyak digunakan oleh ibu rumah tangga karena sifatnya yang praktis dan ringkas. Meskipun begitu, Anda harus memperhatikan pilihan bahan wadah plastik yang Anda pakai. Pilihlah yang BPA free agar Anda terhindar dari risiko penyakit diabetes, penyakit jantung, hingga kenaikan berat badan.

Bagaimana apakah anda adalah salah satu pengguna favorit alat diatas ? Kalau iya cobalah untuk beralih dan kurangi pemakainnya agar terhindar dari penyakit berbahaya seperti diatas, cobalah beralih pada alat memasak yang berbahan keramik atau stainless steel yang tidak berbahaya. Semoga Bermanfaat !

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Alat Memasak Yang Ternyata Sangat Berbahaya

0 komentar:

Post a Comment