Gudangnya Informasi Kesehatan dan Kecantikan

Wednesday 30 March 2016

8 Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Tips Sehat Cantik -  Tidur adalah salah satu aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Selain itu dengan tidur juga dapat menghilangkan penat setelah lelah seharian bekerja. Banyak sekali ternyata manfaat yang bisa kita peroleh dari aktivitas tidur tersebut. Salah satunya yaitu tubuh akan lebih bugar dan segar ketika bangun. Sehingga kita bisa selalu fit menjalani hari yang berat. Namun tahukah kamu bahwa kurang tidur akan berdampak negatif bagi kesehatan Tubuh. Lalu apa saja hal buruk dan ba
haya bila kurang tidur ?
Walaupun tidur adalah salah satu kegiatan yang paling enak dilakukan namun banyak diantara kita yang sering mengabaikan aktivitas tidur ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan seringkali kita masih terjaga karena menonton tv, ngobrol dan lainnya. Sahabat Tips Sehat Cantik, kurang tidur di malam hari sangat tidak baik untuk kesehatan anda. Berikut adalah 8 Dampak buruk akibat kurang tidur bagi kesehatan :

1.Kehilangan Fokus Saat Berkendara
Bila anda adalah orang yang sering menggunakan kendaraan untuk bekerja maka anda harus memiliki waktu tidur yang cukup dimalam hari. Hal ini dikarenakan, bila anda kurang tidur di malam hari, maka dapat dipastikan fokus anda ketika menyetir akan menurun. Hal ini sangat berbahaya bila kamu sedang mengemudi nantinya akan menimbulkan kecelakaan dan menyakiti tubuh anda.

2.Sulitnya Berkonsentrasi Saat Belajar
Berkurangnya waktu tidur dapat menyebabkan konsentrasi menurun. Apalagi bila anda adalah seorang pelajar yang dominan waktu belajar pada pagi hari. Bila waktu tidur anda pada malam hari berkurang hal ini akan menyebabkan mengantuk dan sulitnya berkonsentrasi pada malam hari.

3.Menurunnya Kondisi Kesehatan Tubuh
Akibat dari kurangnya tidur juga sangat buruk untuk kesehatan tubuh anda. Berbagai penyakit akan menghampiri anda seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke bahkan diabetes.

4.Stres Yang Meningkat
Akibat kurang tidur yang lain yaitu anda akan sering mengalami stress, sering marah-marah tidak jelas dan kelihatan sering murung di sela waktu aktivitas anda sehari-hari.

5.Terlihat lebih Tua
Akibat kurang tidur yang kelima yaitu akan berdampak tidak baik untuk kulit dan mata anda. Dalam hal ini, kulit anda akan kelihatan pucat dan kusam serta kerutan halus yang nampak pada kulit anda dan mata anda  terlihat bengkak.

6.Sering Lupa
Kurangnya tidur tidak hanya membuat anda sulit berkonsentrasi namun juga dapat membuat anda sering lupa mengingat barang-barang yang anda taruh sendiri, ketika hendak membutuhkan barang tersebut. Ini di mungkinkan pula akibat anda kurang tidur di malam hari.

7.Memicu Obesitas
Percaya atau tidak ternyata kurang tidur dapat memicu terjadinya obesitas atau kegemukan. Saat kita selalu terjaga di malam hari, maka akan terjadi peningkatan rasa lapar dan hasrat atau nafsu makan yang selalu ingin tersalurkan yang akan memicu obesitas atau kegemukan dengan berat badan yang berlebih dari ukuran ideal.

8.Menurunkan Kadar Testosteron pada Pria
Pria yang memiliki kebiasaan begadang atau aktifitas lain yang menyebabkan tubuh kurang tidur juga akan terancam memiliki kadar testosteron yang sangat rendah. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan seorang pria memiliki tingkat kesuburan yang sangat rendah serta tingkat keinginan seksual yang rendah. Dampaknya tentu sangat berbahaya karena keseimbangan hormon akan mempengaruhi metabolisme dalam tubuh. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment